Jakarta – Saat berpuasa, kurangnya konsumsi cairan dapat membuat tubuh menderita dehidrasi. Bagaimana mencegah dehidrasi saat puasa?

Berikut ini beberapa tips untuk mencegah dehidrasi selama berpuasa:
  1. Konsumsi cairan 1,5 hingga 2 liter (6-8 gelas) per hari, yang terbagi antara berbuka sampai sahur sangat diperlukan.
  2. Berbuka dengan minuman yang manis berasal dari sari buah alami sebab lebih cepat menggantikan energi, kemudian dilanjutkan makanan lainnya.
  3. Berbuka dengan air kelapa lebih baik dibanding air biasa dan minuman elektrolit buatan sebab  penelitian membuktikan air kelapa muda memiliki Indeks Rehidrasi lebih tinggi (air kelapa muda lebih efektif dan lebih cepat memperbaiki dehidrasi).
  4. Kurangi aktifitas di tempat yang bersuhu tinggi yang mempercepat terjadinya dehidrasi.
  5. Tetap lakukan olah raga, sebaiknya mendekati berbuka sehingga tubuh tidak terlalu lama mengalami kekurangan energi dan cairan.
  6. Pada saat sahur konsumsi makanan yang banyak mengandung serat sehingga dapat menahan lapar lebih lama, dan hindari minum terlalu berlebihan.
  7. Makan secukupnya saat berbuka (tidak berlebihan) supaya saat sahur perut siap diisi kembali untuk energi esok hari.
  8. Jangan tinggalkan sahur sebab sahur merupakan saat mengisi cairan dan energi untuk 14 jam ke depan. 9. Jangan tunda untuk berbuka sebab sudah saatnya mengisi kembali cairan dan energi yang sudah hilang selama berpuasa. Istirahat yang cukup setidaknya 5-6 jam dalam sehari, sebelum tidur sempatkan untuk minum lagi, jika memungkinkan lakukan tidur siang kurang lebih 1 jam. ( gst / vit )
***
ramadan.detik.com/read/2010/08/16/131220/1421263/991/mencegah-dehidrasi-saat-puasa